Pindah ke Online

Lihatlah yang ada di gambar. Perhatikanlah sekali lagi! Anda tahu itu apa? King Koil merupakan salah satu merk dagang yang menjual berbagai macam furniture. Salah satu di antaranya springbed. 

Saya dan seorang teman masuk ke toko yang menjual barang dari King Koil. Sebuah toko yang lumayan besar dan berlantai empat. Terletak di Jalan Gunung Latimojong, Makassar. Saya lalu bertemu dengan pimpinan yang menjaga toko itu. Namanya Pak Ary. Temanku memanggilnya dengan sebutan "Shu". Di belakang baru saya tanyakan apa arti panggilan itu. Katanya itu untuk panggilan kepada orang China yang lebih tua.

Lanjut.. Kami lalu berbincang panjang lebar yang pada intinya, kami mendapatkan inspirasi. Katanya kami sangat beruntung bisa bekerja di bagian online. Lalu dia pun menerima isi pikiran kami dan bahkan dia yang lebih banyak bicara. 

Katanya, saat ini ada enam ribuan toko yang tutup di seluruh dunia. Baru baru ini ada toko H&M dan MatahariMall di Jakarta yang gulung tikar. Alasannya jelas, karena toko toko ini tidak berpikir jangka panjang. Mereka kalah dengan marketplace yang lebih besar yang mana barang bisa dijualbelikan lewat online.

Yang menarik di sini adalah, beberapa toko yang menjual alat, aksesoris, furniture, dll yang masuk ke dalam kebutuhan pokok manusia, sandang, pangan, dan papan, harus mempersiapkan perubahan pola usaha bahwa hari ini bangunan yang berbentuk toko offline akan kalah dari toko online. Sebab kemudahan yang bisa didapat dari toko online yang jauh lebih banyak.

Dari pembicaraan itu pula kami ketahui, di Indonesia pertumbuhan toko online baru sekitar 2% namun angka itu akan terus meningkat tajam tiap harinya. Orang orang mulai berpikir untuk beralih ke penjualan dunia maya.

Bahkan toko sebesar MTC Karebosi Makassar pun jika tak segera menindaklanjuti perbaikan toko onlinenya, maka habislah dia. Bank bank konvensional pun demikian. 

Semua bidang penjualan dan transaksi dunia bisnis harus segera memfasilitasi usahanya dengan sistem online. Dan tentunya, anak muda siap untuk itu. Jadi anak muda, persiapkan diri kamu direkrut di banyak tempat.

Kau sangat bernilai hari ini. Tapi pemuda yang bagaimana, tentu tidak sembarang. Yang punya skill dasar komputer dan internet diutamakan. Kompetensi bidang ilmunya serta kemampuan bahasa sebagai tambahan. 

Sekian saja pemaparan ide ini. Terima kasih kartu namanya, Pak Ary. Terima kasih sudah hadir di Indonesia dan utamanya di Makassar. Beliau yang melek pada teknologi serta terbuka menerima usulan usulan dari anak muda. Suka memberikan motivasi dan bicara langsung pada poinnya. 

Hahaha. Tidak banyak orang seperti dia di Indonesia ini, terutama di Makassar. Namun karena langkanya golongan seperti ini, mereka kadang dimarjinalkan. Sungguh keterlaluan! :)



Comments

Popular Posts