MgP MgP Author
Title: MgP, Menulislah!
Author: MgP
Rating 5 of 5 Des:
Sebuah tulisan ini kubuat setelah membaca sebuah artikel dari salah satu guru (dosen) ku di Kampus. Namanya Hadi Daeng Mapuna, nama penanya...
Sebuah tulisan ini kubuat setelah membaca sebuah artikel dari salah satu guru (dosen) ku di Kampus. Namanya Hadi Daeng Mapuna, nama penanya Hadi DM. Ia menuliskan sebuah artikel berjudul, Ingin Menjadi Penulis? …Menulislah…!!!. Setelah membaca berbagai hal dalam tulisan itu yang memuat berbagai motivasi untuk menulis, maka segera itu pula tulisan ini muncul demi menjawab tantangan yang diberikan oleh sang dosen itu.

Namaku Muhammad Galang Pratama, aku punya nama Pena, yakni MgP. Sebuah nama singkat yang tercipta di tahun 2012 silam, ketika aku masih duduk di kelas XI SMA. Saat itu aku mulai menulis di blog yang aku buat sendiri. Nama blognya, emjipi.blogspot.com. aku menulis resensi, menulis hasil wawancaraku dengan teman-teman kelas, menulis sebuah opini hingga berbagai puisi-puisi, aku tuangkan didalam blog itu. Sampai saat ini, aku masih mengisinya jika ada waktu.

Selain menulis di blog, aku juga biasa menulis di media sosial seperti facebook. Didalamnya aku tulis kalimat-kalimat motivasi baik dari para orang terkenal maupun kalimat yang aku buat sendiri. Hobiku ialah menganalisa. Aku sudah terbiasa “membaca” (dalam tanda petik) peristiwa yang terjadi dalam kehidupanku sehari-hari. Buatku, semua yang terjadi dalam kehidupan kita itu memiliki makna yang tak boleh dilupakan ataupun ditinggalkan begitu saja. Semua mesti dipelajari dan dicari hikmahnya. Hingga pada akhirnya, aku sempat dikatakan sebagai seseorang pencari hikmah, oleh teman kelasku di SMA.

Aku sudah menulis artikel sejak sma. Beberapa artikel ku yang berisi opini sudah aku susun di dalam laptop ku dan telah aku buatkan blog tersendiri. Agar nantinya tulisan itu dapat tetap aman. Dan mungkin juga dapat dibaca oleh orang lain. Aku juga memiliki tulisan yang aku publish di portal academica.edu. akun yang baru kubuat di awal tahun 2014. Aku juga memiliki akun linked.in serta akun-akun lain yang dapat menghubungkan aku dengan orang lain di dunia maya.

Sehingga dari beberapa blog yang sudah kubuat, dari akun di media internet serta media-media sosial yang kupunya, membuat namaku dapat muncul di website www.google.com ketika namaku ditulis “Muh. Galang Pratama”.
Disana muncul beberapa tulisan-tulisan ku dan foto-foto yang ada dalam blog, web ataupun di portal milik media-media.

Aku juga sering mengirim tulisan-tulisan di surat kabar di daerahku, seperti fajar dan tribun di makassar, sulawesi selatan, dan radar sulbar di sulawesi barat, aku juga pernah mengirimkan tulisan ku di surat kabar nasional berkelas kompas. Namun, aku sadar kalau tulisan ku belum terlalu sempurna dan belum sesuai dari jiwa media itu sehingga kadang tulisan-tulisanku masih ditolak. Ada media yang membalasnya dan ada juga media yang tidak menjawabnya.

Namun, aku merasa senang ketika tulisanku yang berbentuk opini dimuat di koran radar sulbar. Serta beberapa hari setelahnya tulisan dalam bentuk puisi juga dimuatnya. Perasaan bangga tiba-tiba muncul karena orangtuaku yang lebih dahulu menemukan tulisan itu yang memberikan selamat kepadaku dalam bentuk pesan singkat.

Kini, aku aktif di beberapa organisasi dikampusku, baik intra maupun ekstra kampus. Dan yang lebih mnegasah tulisanku ialah organisasi LISH. Sebuah media fakultas yang aku bentuk bersama teman-temanku di fakultas. Kini aku mulai mengembangkannya. Mengasilkan tabloid dan buletin, menulis berbagai reportasetentang civitas akademika, menulis artikel, puisi dll. Dan tak ku pungkiri juga ada media luar yang kadang membutuhkan tulisan-tulisanku untuk dimuat di portalnya.

Semoga dari pengalaman tulisan ini, dan lembaga yang saat ini kujalani akan mampu membawaku menjadi seorang penulis yang hebat, menjadi penulis yang berkharisma, berkarakter santun, baik dan “agak kritis”. Ya, inilah aku bersama pena elektronikku.

Salam , MgP^_^

Kampusku, 22 Mei 2015










Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

Popular Posts

 
Top